Rabu, 07 November 2012

Pengertian webmail


Pengertian Webmail




   Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti contohnya Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera, Google Chrome, dan lainnya.
Hampir seluruh penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (Gmail), Yahoo Mail sudah menggunakan layanan email berbasis WebMail, untuk kemudahan peggunanya mengakse
s email.
  Mengapa aplikasi ini sangat disarankan?
karena dengan menggunakan aplikasi ini, email anda akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi seperti Outlook Express, Mozilla's Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. Salah satu kerugian mengakases email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna.

Apa fasilitas Webmail yang tersedia?
Fasilitas yang tersedia jika mengakses email melalui webmail antara lain adalah:
1. Mengirim email
2. Membaca email
3. Membalas email
4. Meneruskan email
5. Menyimpan email
6. Dapat menghapus email
7. Mengembalikan email yang telah terhapus ke tempat semula
8. Dapat menggunakan lampiran dokumen
9. Dapat mencetak email.

  Seiring semakin canggihnya kemajuan teknologi, membuat penyedia layanan email membuat webmail versi mobile. Webmail versi mobile bisa diakses melalui perangkat seluler yang terkoneksi internet, baik melalui browser bawaan setiap perangkat, maupun dengan aplikasi tambahan semisal Opera Mini.
Hal - Hal yang harus diperhatikan saat mengakses email melalui webmail adalah biasakan selalu logout jika kita mengakses melalui komputer publik semisal warnet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar